Review Asus ZenBook 13 UX331UAL, si kecil yang praktis dan tahan banting

Review Asus ZenBook 13 UX331UAL
Review Asus ZenBook 13 UX331UAL

Sekilaspc.comReview Asus ZenBook 13 UX331UAL, Akhir-akhir ini, laptop dengan desain mungil menjadi incaran oleh para konsumen karena lebih praktis dan simpel untuk dibawa kemana-mana. Apalagi bagi para karyawan yang memiliki outdoor activity yang tinggi frekuensinya. Jika kamu termasuk salah satu orang yang mencari rekomendasi laptop mungil tersebut, kami rekomendasikan salah satu produk Asus tepatnya Asus ZenBook 13 UX331UAL.

Tahukah kamu, selain enteng dan mungil, seri Asus yang satu ini juga menawarkan performa yang tangguh tanpa menghilangkan fungsi portabilitasnya. Penasaran seperti apakah spesifikasi dan harga nya? Yuk simak selengkapnya berikut.

Spesifikasi Asus ZenBook 13 UX331UAL

  • Processor         : Intel Core i5-8250U up to 3.40 GHz, 6 MB cache
  • Memory                 : 8 GB LPDDR3 2133MHz SDRAM
  • Operating System : Windows 10 Home
  • Display                 : 13.3 inchi (16:9) LED baclight full HD (1920 x 1080) piksel
  • Graphic                 : Integrated Intel UHD Graphics 620
  • Storage                 : 256 GB SATA3 M.2 SSD
  • Optical Drive         : -
  • Keyboard         : Illuminated Chiclet Keyboard
  • Card Reader         : Card reader (SD/MMC)
  • WebCam          : VGA
  • Networking      : Bluetooth 4.2, Wifi Master , Integrated 802.11 AC
  • Interface               : 2 x USB 3.1 type A, 1 x USB 3.0 type C, 1 x HDMI support 1.4, 1 x Combo Audio Jack
  • Audio               : Stereo speakers 1W and Array Microphone, Asus SonicMaster, Windows 10 Cortana with voice, Harman Kardon
  • Battery                : 3 Cells 5000 mAh, 50 Whrs Polymer Battery
  • Power Adapter  : Output : 19 V DC, 3.42 A, 65 W, Plug Type :ΓΈ4 (mm)
  • Dimensions        : 310 x 216 x 13.0 mm
  • Weight               : 0.985 kg

Performa Asus ZenBook 13 UX331UAL


Dengan desain yang slim, tidak membuat performa Asus ZenBook 13 UX331UAL juga ikut minimalis. Sebab, seri ZenBook ini masih bisa diandalkan dari segi performa. Dengan dukungan dari prosesor intel core generasi ke 8 i5-8250U dari Kaby Lake Refresh, menunjukkan bahwa seri laptop kelas menengah ini menawarkan kinerja yang bagus dan efisiensi penggunaan daya yang sesuai kebutuhan. Ditambah lagi kapasitas RAM DDR4 8 GB dan penyimpanan SSD mencapai 256 GB. Meski pemilihan komponen disesuakan dengan kemungilan seri ini, namun tetap tidak menghilangkan pengalaman komputasi yang bisa dibilang sagat baik.

Satu lagi, urusan konektivitas yang satu ini terbilang penting untuk mendukung komputasi. Untungnya, seri Asus ZenBook 13 UX331UAL menawarkan fitur WiFi Master sehingga pengguna akan menikmati kecepatan transfer lebih tinggi daripada seri laptop yang lainnya.

Untuk urusan grafis, seri ZenBook satu ini tidak menggunakan GPU diskrit karena dikhawatirkan akan memengaruhi bobotnya yang tidak mencapai 1 kg. Oleh karena itu, dipilihlah IGP bawaan dari intel core i5-8250U berupa intel UHD Graphics 620. Tahukah kamu, soal pemilihan grafis ini juga menekan penggunaan daya atau baterai sehingga lebih hemat ketimbang GPU diskrit. Untuk itu, Asus mengklaim bahwa baterai yang ditanamkan ini mampu bertahan hingga penggunaan sampai 8 jam untuk satu kali charge.

Menyinggung soal penggunaan baterai yang efisien ini sebenarnya dipengaruhi juga oleh luasnya layar yang selebar 13.3 inchi. Untungnya, pengguna masih bisa menikmati kemewahan dari resolusi full HD sebesar 1920 x 1080 piksel berpanel LED backlit.

Design dan Tampilan Asus ZenBook 13 UX331UAL
Jika dibandingkan dengan seri ZenBook sebelumnya, maka kamu akan mendapati Asus ZenBook 13 UX331UAL yang lebih slim dan minimalis. Inilah yang menjadi salah satu peningkatan sekaligus pengurangan dari sisi bobotnya. Meski berkurang dari segi bobot, namun soal fungsi dan kinerja tetap penuh dan juga tangguh.

Secara keseluruhan, berat laptop ini termasuk baterai mencapai 985 gram atau tidak genap satu kilogram. Saking entengnya, seri ZenBook satu ini diklaim sebagai seri paling ringan dengan harga yang sepadan tentunya.

Harga dan Spesifikasi ASUS ZenBook 13 UX331UAL


Tak hanya beratnya saja yang minimalis, ketebalan laptop ini pun hanya sebesar 13.9 milimeter saja dengan kelengkapan fitur yang premium. Belum lagi, dari segi desain, Asus ZenBook 13 UX331UAL ini dibalut oleh casing yang tipis dan material dari magnesium alloy. Bahan ini tentunya selain tipis juga kuat, sama seperti generasi Asus ZenBook sebelumnya.

Jangan salah, meskipun dari segi bodi terlihat slim, bukan berarti laptop seri ini ringkih. Malah sebaliknya, Asus ZenBook 13 UX331UAL ini telah melalui serangkaian uji daya tahan yang terbilang keras dan hasilnya memenuhi standar military-grade MIL-STD 810G. Dengan kata lain, seri ZenBook satu ini cukup aman dan tangguh untuk berbagai kondisi layaknya standar militer.

Harga Asus ZenBook 13 UX331UAL
Soal harga, sebenarnya harga Asus ZenBook 13 UX331UAL cukup murah.Yaitu berkisar di angka 13 jutaan rupiah. Cukup sepadan dengan body nya yang mungil namun performa yang memuaskan. Belum lagi laptop ini tahan banting. Jadi untuk kamu yang sering bepergian, laptop satu ini cocok untuk dibeli. Kamu pun bisa memilih dua varian warna yang disediakan seperti deep dive blue atau rose gold. Sekian review laptop Asus ZenBook 13 UX331UAL kali ini. Semoga bermanfaat dan tetaplah bijak, teliti sebelum memberli dan jadilah smart buyer.

Related Posts