Macam Macam Komponen Komputer yang harus anda ketahui

Macam Macam Komponen Komputer yang harus anda ketahui,komputer,pc dekstop
Macam Macam Komponen Komputer yang harus anda ketahui

Sekilaspc.com - Macam Macam Komponen Komputer yang harus anda ketahuiKomputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk menerima suatu input berupa perintah kemudian memprosesnya ke bentuk output yang diinginkan oleh pengguna. Perangkat Komputer memiliki Macam Macam Komponen Komputer yang menyusunnya. Dan setiap komponen mempunyai kegunaan dan funginya masing-masing.

Mungkin bagi orang yang masih baru mengenal teknologi Komputer hanya mengetahui sebatas fisik kotak luarnya saja. Tetapi sebenarnya komputer terdiri dari beberapa komponen dan rangkaian yang saling terhubung. Terdapat beberapa komponen dasar yang menyangkut komputer, diantaranya adalah :

1.Hardware (Perangkat Keras)

Hardware merupakan sebuah perangkat keras yang bisa dilihat oleh mata dan memiki wujud yang bisa diraba oleh panca indra. Hardware yang terdapat di dalam komputer ada beberapa macam diantaranya komponen input, komponen proses, komponen storage, komponen output, dan komponen komputer pangkat lunak.

2.Software (Perangkat Lunak)

Software merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang berperan untuk menjalankan perintah yang masuk di dalam komputer atau hardware. Software bisa diartikan sebagai kumpulan data elektronik yang disimpan dan di Kelola oleh komputer. Contoh software adalah sistem operasi, web browser dan masih banyak yang lainnya yang bisa kamu temukan.

3.Brainware

Brainware merupakan orang yang menjalankan atau menggunakan komputer itu sendiri. Brainware disini sangat penting dikarenakan komputer tidak bisa memberikan manfat bilamana komputer tersebut tidak dioperasikan oleh user atau manusia. Sehingga brainware merupakan orang yang masuk dan terlibat di dalam aktivitas pengoperasian komputer.

Ketiga bagian diatas merupakan beberapa jenis komponen yang terkait dengan komputer. sekarang kita akan membahas Macam Macam Komponen Komputer yang berada di dalam komputer, mari kita simak apa saja itu.

Input Device (Macam Macam Komponen Komputer Masukan)

Input device merupakan macam macam komponen yang berada di dalam komputer yang mempunyai tugas untuk menerima masukan berupa data atau informasi dengan mengirimkan ke dalam komponen proses untuk di olah oleh komputer. Inilah beberapa contoh input device di dalam komputer diantaranya :

1. Keyboard

keyboard,keyboard komputer

Keyboard adalah sebuah hardware atau perangkat keras pada komputer yang mempunyai tugas untuk menginputkan sebuah data dalam bentuk huruf, angka maupun symbol. Ketika kita menekan salah satu tombol keyboard pada komputer nantinya komputer akan memproses data tersebut dan ditampilkan pada monitor sebagai aksi yang telah diberikan

2. Mouse

mouse,mouse komputer

Mouse adalah sebuah perangkat input yang berfungsi untuk mengatur pergerakan dari arah atau kursos dengan perintah sesuai dari Gerakan tangan penggunan. Mouse mempunyai pemrosesan data yang cepat sehingga ketika kamu menggerakkan mouse beberapa seperdetik maka kursor di dalam layar akan bergerak dengan responsive.

Processing Device (Macam Macam Komponen Komputer Proses)

Komponen proses adalah komponen di dalam komputer yang berfungsi mengolah data yang diterima dari input device yang berupa audio, grafis dan keseluruhan kinerja sistem komputer. contoh dari komponen proses adalah sebagai berikut :

1. Motherboard

Motherboard,mobo,mainboard,board

Motherboard yang memiliki banyak sebutan diantaranya mainboard, logic board dll. Motherboard merupakan papan sirukuit yang berupa pcb dengan mengatur semua proses yang terjadi seperti BIOS, Chipset, RAM, VGA, Processor dan masih banyak yang lainnya yang akan diproses oleh motherboard.

2. Processor

Processor,Prosessor

Processor atau CPU adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol keseluruhan sistem komputer biasa orang menyebutnya sebagai otak komputer, dikarenakan processor ini mengintegrasikan semua komponen sehingga interaksi antar macam macam komponen komputer bisa saling bekerja satu sama lain.

Storage Device (Macam Macam Komponen Komputer Penyimpanan)

Storage device merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan suatu data dengan beberapa tipe secara permanent atau sementara. beberapa Macam Macam Komponen Komputer tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Hardisk

hardisk

Hardisk adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data di dalam komputer. hardisk ini bersifat sebagai penyimpanan non-volatile memory yang berarti data pada penyimpanan tersebut tidak akan hilang meskipun prangkat telah dimatikan.

2. RAM

Ram,Memory

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen komputer yang bertugas sebagai media penyimpanan data dan instruksi program. Data yang berada di dalam RAM ini yakni sementara atau biasa disebut volatile, sehingga data akan hilang bilamana komputer dimatikan atau tidak ada daya yang terhubung.

Komponen Komputer Perangkat Lunak

Komponen perangkat lunak di dalam komputer adalah sebuah komponen yang tidak bisa dirasakan oleh panca indra namun bisa terlihat oleh kasat mata. Contoh komponennya sebagai berikut.

1. Sistem Operasi

Sistem Operasi,OS,Windows

Sistem operasi adalah salah satu perangkat lunak yang langsung digunakan di dalam sistem komputer sebagai pengontrol perangkat keras supaya bisa saling berinteraksi satu sama lain.

2. Software

Software

Software adalah bagian juga dari sistem komputer, tetapi software disini adalah sebuah kumpulan perintah yang dibuat oleh manusia dengan data eletronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Kesimpulan :

Macam Macam Komponen Komputer dikategorikan menjadi beberapa bagian yaitu Input Device, Processing Device dan Storage Device. Masing masing Macam Macam Komponen Komputer mempunyai tugas yang berbeda beda. Dengan adanya motherboard dan processor yang dapat membuat komponen satu sama lain saling berkaitan, komputer akan dapat terintegrasi dan mengerjakan tugasnya dengan baik

Related Posts