Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen Dengan Mudah

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen
Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Sekilaspc.com - Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen Dengan Mudah, Pernahkah anda merasa laptop anda tiba-tiba lemot ataupun eror ketika membuka beberapa aplikasi. Bahkan jika menggunakan handphone sebagai tethering, menyebabkan kuota mu habis secara tiba-tiba. Itu bisa jadi disebabkan oleh Auto Update Windows 10.

Jadi sebelum kita membahas cara Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen, Kita ketahui telebih dahulu fitur di Windows 10 yang mengharuskan anda untuk mengupdate sistem operasinya secara otomatis.

Fitur Auto Update Windows 10

Windows 10 adalah Sistem Operasi terbaru yang dikembangkan Microsoft. Memang dari segi efektifitas, kecepatan dan multitasking, Windows 10 ini lebih baik dari generasi sebelumnya, yaitu Windows 8. Bahkan sebagian orang yang mengerti IT menyebutnya sebagai reinkarnasi Windows 7. Ya, Windows 7 yang kita ketahui memang Sistem Operasi yang bisa diandalkan. Dan itu sekarang berpindah ke Windows 10. Sistem Operasi yang bisa diandalkan tetapi dengan tampilan yang lebih modern.

Mengupdate sistem operasi bisa saja menyebabkan performa dari laptop kian membaik misalnya lebih cepat dan aman. Tetapi disisi lain ketika kita mengupdate terus menerus bisa jadi hardisk yang semakin menumpuk sehingga menyebabkan lagging bahkan harus turun ke versi semula untuk memperbaiki hal tersebut. Pihak Microsoft sepertinya sering sekali mengeluarkan Update untuk produknya. Baik itu update minor maupun major. Dan itu sangat mengganggu ketika kita sedang bekerja. Apalagi ketika download update telah selesai dan mengharuskan kita untuk restart laptop. Itu memakan waktu yang lama untuk menginstall update setelah laptop menyala kembali. Dan itu membuang waktu yang menyebabkan produktifitas kita menurun.

Keuntungan Mematikan Update 

Ketika anda mematikan windows update pada windows 10, ada keuntungan yang bisa didapatkan. Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika anda mematikan update windows 10 permanen :

1.Mengurangi Kapasitas Penyimpanan Data

Tidak dipungkiri bahwa mengupdate suatu sistem operasi atau software biasanya akan membawa fitur baru, nah ini biasanya menjadi suatu masalah ketika penyimpanan anda sedikit. Dan itu menyebabkan anda kehabisan kapasitas penyimpanan. Dengan mematikan update windows 10 permanen menjadi opsi terbaik jika memang fitur yang diberikan tidak terlalu penting untuk anda nikmati.

2. Menghemat Kuota Internet

Di dalam dunia jaman sekarang, internet seperti menjadi keharusan bagi anda seorang pelajar atau pekerja. Dan salah satu cara terhubung di internet ketika anda berada di lapangan adalah mengaktifkan tethering dari HP ke laptop anda. Dan jika terjadi update windows secara otomatis maka windows akan mendownload file yang dibutuhkan untuk update. Hal tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan anda sehingga and bisa saja tidak sadar bahwa kuota internet anda telah habis.

Dengan mematikan update windows 10, anda tidak perlu khawatir akan sistem yang mendownload file secara otomatis karena windows update telah anda matikan secara permanen dan ini bisa menjadi salah satu cara menghemat kuota anda.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan tersebut, kita bisa mematikan windows 10 update secara permanen, bagaimana caranya? Yuk simak Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen berikut :

1. Matikan Koneksi Internet yang Terhubung Kedalam Laptop

Mengapa koneksi internet harus dimatikan ? ini mencegah sesuatu hal yang buruk terjadi dikarenakan kita akan mengedit services dan registry dari windows update ini.

2. Masuk Kedalam Services  

Cara untuk masuk ke dalam servies windows update adalah dengan cara menekan tombol Windows + R sehingga akan muncul tampilan seperti berikut

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Kemudian anda ketikan services.msc kemudian enter atau klik tombol OK.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


3. Disable Windows Update di Dalam Services

Setelah masuk kedalam jendel services, anda bisa cari nama service Windows Update.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Selanjutnya anda bisa masuk pada Windows Update service tersebut dengan cara klik dua kali.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


Dan bisa dilihat pada gambar diatas anda bisa ubah Startup Type menjadi Disable kemudian service status nya Running anda bisa tekan tombol stop  untuk menghentikan service dari windows update tersebut, setelah itu klik Apply  kemudian OK.

Disini anda telah berhasil menonaktifkan windows update 10. tetapi tidak sampai disitu. kita juga harus setting yang lain karena bisa saja sewaktu-waktu windows update aktif kembali. Maka dari itu kita harus memastikan bahwa kita sudah mematikan update windows 10 secara pemanen dengan cara mengubah value lewat Registry Editor.

Memastikan Update Windows 10 telah permanen dinonaktifkan

1.Membuka Registry Editor

Untuk membuka registry editor anda bisa lakukan hal yang sama seperti cara sebelumnya yaitu membuka RUN dengan menekan tombol Windows + R kemudian ketikan regedit dan enter atau klik OK.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


2.Mengatur Value Windows Update di Registry Editor

Ketika anda sudah dihadapkan jendela registry editor, sekarang anda bisa masuk ke dalam folder HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM ->  CurrentControlSet ->  Services ->  Wuauserv

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


Selanjutnya anda bisa melihat ImagePath, disini value sebelumnya adalah %systemroot%\system32\svchost.exe -k netsvc -p akan kita rubah dan edit dengan cara klik dua kali pada ImagePath dan ubah valuenya menjadi %systemroot%\system32\svchost0.exe -k netsvcs -p  lalu klik OK.

Setelah berhasil setting value dari ImagePath sekarang kita akan setting DependOnService di folder yang sama, dari sebelumnya rpcss ubah menjadi rpcss0.

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen


Restart Windows dan cek kembali auto windows update aktif atau tidak

Dan tahap terakhir dari langkah mematikan windows 10 update secara permanen adalah restart terlebih dahulu laptop anda, setelah itu buka Kembali services dan cari Windows update, lihat apakah status type nya sudah disable atau belum, jika sudah disable maka kita telah berhasil mematikan windows update secara permanent.

Kesimpulan :

Fitur auto update pada windows 10 bisa sangat menggangu kita terutama pada saat kita membutuhkan performa laptop yang kencang pada jam jam kritis. Dan Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen diatas semoga dapat membantu efektifitas dan produktifitas anda lebih maksimal. Dengan Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen, kuota internet anda akan bisa bernafas dengan lega

Related Posts